Saling Serang Honda-Yamaha dalam “Komparasi Honda Vario Techno 125 PGM-FI vs Yamaha XEON 125”


Tanpa basa basi Honda menyerang Xeon 125, kenapa dikatakan tanpa basa-basi? Karena secara cc sama persis, secara kompressi mirip, dimana Vario 11:1 sementara Xeon 10,9:1. Yang paling krusial adalah ketka Honda membanderoll 15,9 juta untuk Vario CBR 125 FI. Ini menantang secara langsung Xeon 125 yang juga dibanderoll  15,95juta. Honda seakan menggertak lawannya,”Nih dengan 15,9 anda dapat teknologi FI dan CBS, sementara kalau mau biasa aja pilih yang standar dengan 15,1 jeti” beee koyo tenan-tenano,wekekeke!

Ya,setelah Mio J keluar seakan menghajar Beat yang karburator, Yamaha sepertinya dibuat kegi dengan performa Beat yang gampang diakui konsumen, dan kemudian menyerang balik dengan Mio J berani mengatakan Beat cupu dari berbagai sisi. Maka kini di segmen lain Honda menyerag Xeon yang masih karburator. Sungguh  hal ini jarangterjadi, karena biasanya Honda menyerang dengan spek cc lebih kecil tapi harga lebih mahal layaknya Tiger vs Scorpio. Honda nampaknya memang egitu getol ma]enggulung Yamaha di segemen matik ini.

Monggo ni spek Vario vs Xeon 

Vario Br Xeon
4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan Eng 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Cairan
124,8 cc cc 124,9 cc
52,4 × 57,9 mm   52,4 × 57,9 mm
11:1 Kmp 10,9 : 1
11,3 ps/8500 rpm Pwr 8,05 kW / 8500 rpm
1,1 kgf.m / 5000 rpm Tor 10,10 Nm / 7000 rpm
Electric Starter dan Kick Starter Str Electric Starter dan Kick Starter
Fuel Injeksi Bb Karburator BS26 x 1
15,9 CBS/15,1 STD Pr Price: 15.950.000,-

Nah yang perlu kita tunggu adalah bagaimana dengan rule yang diterapkan Honda mengingat Vario 125 FI ini berkompressi 11:1 apakah akan mengharuskan menggunakan pertamak atau tetap premium, padahal fario lama yang 10,7:1 terasa menggelitik mesinnya bila menggunakan premium, sementara kebanyakan motor Honda berkompresi tinggi macem Vario, CBR 150 dan 250 serta PCX diseting untuk bisa menggunakan Premium? Ya kita tunggu aja!

27 comments

  1. teknologi, fitur , desain dan harganya bener2 bikin ngileeerrr……

    makan tuh Keong cupu OPERPRESS
    wkwkwkkk

  2. bore x stroke podo (52,4 × 57,9 mm) kok hasil’e bedo
    sijine 124,8 cc sing siji 124,9 cc…wekekekekek
    sing siji pembulatan’e kadohan ??

    (124,798 cc)

    wakakakakak

  3. 1kw = 1.36 ps
    Berarti power xeon 10,95(11ps/10.73hp)
    Si vario 11.3ps = 11.1 hp

    Torsi si xeon 1.01kgf.m
    Vario 1.1kgf.m

    Wow. Si vario agaknya lebi superior, kalo mentingin spek en fitur vote Vario dah

    But kayaknya si Xeon ngincer putaran atas en lebi bersahabat akselnya diliat dari torsi diset di 7k rpm😀
    Cocok buat mbak2😀
    But liat si Xeon kalo di Injeksi powernya jadi brapa ya😀

  4. asiiiikkkk…brarti harga 2nd vario sama xeon tambah jatuh………………….. bisa beli motor neeeeh…. xeon 2011 8 juta

  5. perang sekarang makin memanas, para prajurit dari kerajaan 2 merk masing2 telah diturunkan. wuih…. makin macet aja jalanan.

    stok, motkas di showroom makin bejibun dengan produk yg umurnya kurang dari 5 tahunan hehehe…….:mrgreen:

  6. Dilema,, baru ambil Vario CBS 110 keluar yang 125, dan terbukti 125 lebih irit dari 110 (pemakaian sewajarnya),,
    .
    tapi tetap bersyukur dari apa yang kita punya,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s