Mengenang GL Series, Produk Honda Yang Legendaris


Dulu ketika James Bons SMA GL Pro Neo Tech 160 cc terbit menggusur GL Pro Lawas yang bermesin 145 cc. Itu terjadi pada tahun 95 dimana sejak saat itu GL Pro menjadi primadona kawula muda karena larinya lumayan kencang dan mesinnya bandel serta di imbangi dengan konsumsi bensinnya yang irit. Untuk model nampaknya sudah lumaya keren untuk waktu itu. Berikutnya tahun 98 GL Pro beubah menjadi Mega Pro engan mesin sma yakni GL series namun body beda. Kini tahun 2011 kemarin Mesin GL Series di pensiunkan dan diganti dengan mesin Megapro 150. Ya 16 tahun sudah mesin ini mengabdi pada Honda dan realnya menjadi moda angkutan masyarakat. Inilah salah satu prototipe GL series yang begitu melgenda, terkenal bandel dan jarang bermasalah.

Hanya GL Prokah generasi GL series, tentu tidak, Tiger yang mengabdi pada Honda sejak 1993 hingga kini adalah salah satu edisi GL series dengan kode gl 200. Ada lagi GL 100, GL 125/GL Max, dan GL 145/GL Pro lawas. Saking melegendanya mesin ini hingga banyak motor cina meniru desain mesin ini, mulai dari motor roda 3 hingga monerva lawas berbody CBR desain mesinnya mirip GL series.

Nah mampukah honda sekarang menelurkan produk legendaris yang begitu fenomenal laykanya tempo dulu, dimana salah satunya ketika itu motor batangan Honda menghentak dunia permotoran Indonesia dengan hadirnya Tiger 200? Jawabannya tentu mampu, cuman kini entah kenapa Produk Sport Honda tek sefenomenal dulu, tak lagi menjadi pioner dalam menerbitkanproduk baru. Misal neee tiba-tiba Honda mendatangkan VTR 250, apakah tergolong fenomenal? Tentu jawabannya Ya!

31 comments

  1. Honda menghentak dunia permotoran Indonesia dengan hadirnya Tiger 200?
    _____________________________________________________
    200? ini tiger yang dibonsai ya?? :mrgreen:

  2. th 2000an mengandalkan teknologi GL ya kepedean…. Th 90-an kebawah emang irit, kenceng… kalo sekarang diadu dg mesin generasi baru ya keliatan cupunya… Boros, lemot, kemrosak

  3. mesin gl didesain untuk mesin jangka panjang mas bro/mbk/jeng..
    cotoh : basis, onderdil cb100,gl 100 bisa dikanibal dr gl max,pro,tiger ato sebaliknya..sampai detil baut2 nya bisa dikanibal (ane buktiin sendiri)
    ….jika saja gk ada kesinambungan antar mesin GL mana mungkin CB ato GL tua bisa bertahan sampai sekarang (30 thn-an)
    …..COBA LIAT MOTOR SE-ANGKATAN…motor yamaha ,L2S,rx100…suzukiA100,B100 kini sudah jarang nasibnya tdk diketahui…..INI SEBAB Mesinnya tdk berkesinambungan jangja panjang……SELAMAT BUAT GL yang sekarang tggl kenangan,moga yg baik dpt kita contoh buat mesin2 modern saat ini…BRAVO HONDA, YAMAHA, SUZUKI, KAWASAKI….smuanya baik

  4. saya ga pernah pake GL-PRO tp temen sy ada yg pake. dulu jd lawan tangguh King sy nih..apalagi kalo naik ke Puncak. King sy susah bgt nguber GL-PRO. pas kita turing jarak jauh ke Pangandaran jg King sy ditinggal jauh apalagi. soalnya mesin Honda GL ini karakternya makin panas, makin kenceng!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s