2 Kebahagiaan Orang Yang Berpuasa


Brader sekalian, kita kaum muslimin capek-capek berpuasa, menahan untuk tidak makan dan minum dai terbit fajar hngga  terbenam matahari,ternyata ada 2 kebahagaiaan bagi para shaim ini, sebagaimana Islam mengajarkan:

ل الصائم فرحتان: فرحة عند إفطاره و فرة عند لقاء ربه

“Bagi orang yang berpuasa itu mendapatkan 2 kebahagiaan, pertama ketika berbuka, ke dua ketika bertemu Tuhannya.”

Brader sekalian sudah barang tentu kita berpuasa menanti saat berbuka puasa dan tentu pula kita merasakan senang ketika itu. Rasa ini bersifat jasmaniah yang tentu itu merupakan karunia Allah bagi kita. Kita bisa merasakan bagaimana laparnya orang miskin yang kurang makan, dengan demikian kita tergugah untuk bersedekah. Sisi inilah sisi horisontal puasa yang berujung pada hubungan harmonis antara sesama.

*

Nah kebahagiaan satu lagi adalah sesuai dalil di atas, ketika bisa bertemu dengan Allah. Brader seklaian, bertemu degan Allah sebelum mati adalah hal yang tidak mustahil bai ahli ibadah. Bagi para wali danorang yang sederajad, boleh jadi pertemuan dengan Allah bisa terjadi, namun bagi kita tetu susah untuk dibayangkan. namun jangan menyerah dulu, pertemuan dengan Allah itu bisa dilakukan dengan batin kita, Allah begitudekat dengan kita. Ketika kita sedang beribadah dan kita merasa tentram, saat itulah sebetulnya kita kontak dengan Allah lwat batin kita. BEgitu juga saat kita berdoa memohon pada Allah dengan khusyu, itulah sebenarnya pertemuan kita dengan Allah. COba yuuuk!

10 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s