Problem Minerva MEGELLI 250 RE & RV Beserta Solusinya


Brader sekalian pada artikel yang lau james Bons pernah memposting tentang Keluhan Megelli 250 yakni di sini, kin artikel tersebut ditambah dengan sumber hasil infestigasi tabloit Otomotif agar lebih lengkap. Berikut hasilnya:

Kelemahan Bawaan Beserta Solusinya

  1.  Top Speed kurang mak nyus. Untuk Top Speed ini ya silakan saja datang ke bengkel di up grade dengan sejumlah biaya dan konsekuensi tentuny,  malahan belakangan banyak yang menawarkan paket hemat up grade Megelli 250 ini.
  2. Purna jual kurang oke. Sementara bila sampean mengalami masalah purna jual yang kurang stabil ya itu sebuah kewajaran karena brand baru yang masih merangkak untuk sebuah ketenaran.
  3. Body gampang retak. Adapun bodi yang gampang retak bisa diakali dengan mengendorkan baut dan kalau perlu ditambah pelapis karet sehingga mereduksi getaran yang meminimalisir resiko rentan retak.
  4. Spare part hanya tersedia di kota besar.Ya ini sebuah kewajaran bagi brand baru, maka bila berburu spare part ya mau nggak mau harus datang ke kota besar macem Jakarta atau Srabaya karena nih mongtor masih baru mereknya.

Kelemahan Setelah Beberapa Waktu Beserta Solusinya

  1. Timbul bunyi-bunyi berdecit di bagian rem blakangnya. Bila anda mengalami masalah ini setelah melewati beberapa waktu yakni seperti timbul bunyi decit pada rem, maka silakan bawa ke bengkel boleh jadi ada debu yang menyebabkan rem berdecit. Ada juga beberapa konsumen yang  mengeluhkan rem belakang kurang pakem. Setelah dianalisa, penyebabnya ternyata sepele. “As penonjok master rem kurang lurus,” papar mekanik penunggang Yamaha RX-King ini. Mengatasinya tinggal tarik pakai tangan, agar as master rem posisinya benar-benar lurus..!
  2. Fairing bawah rata2 gampang patah kecil atau retak di sambungan baut. Sementara untuk fairing yang mudah retak silakan memakai cara mengakali dengan menambah lapisan karet di atas untuk meredam getaran penyebab retak karena memang disinyalir retak ini akibat baut yang terlalu kencang sehingga apabila terkena getaran akan menimbulkan efek mudah retak.
  3. Shock depan sealnya mudah bocor. Untuk Shock ini mau nggak mau haru ganti silnya, ini gampang sekali dan bisa dilakukan sendiri. Bila ada ukuran sil yang sama dari merek jepang bisa juga diaplikasikan.
  4. Pack mesin rentan sehingga mudah bocor oli nya. Adapun pack mesin memang harus konsultasi dengan bengkel.
  5. Sil Pompa Air Bocor. “Saya sudah menerima beberaapa pemakai Magelli 250 yang mengalami sil pompa air bocor,” buka komarudin, dari Tom’s (Tomang Motor Sport), di Jl. Tanjung Gedong Raya No. 9, Tomang Jakbar. Karena bocor, cairan pendingin dalam radiator lama-lama berkurang.Bahkan yang ada di reservoir bisa habis. Tentu mesti diperbaiki kalau enggan mesin overheat. Ciri sil pompa bocor, terdeteksi dari keluarnya cairan radiator ddari lubang kecil yang ada di bawah pompa. Untuk memperbaikinya bisa dengan mengganti sil, kodenya 12-24-6. Namun jika as pompa juga sudah aus, mekanik yang biasa dipanggil Komeng ini menyarankan pakai si perseneling Honda Grand, yang diameter dalam lebih kecil, sehingga mendekap lebih kuat, kodenya 11-24-10. Sayangnya, bongkar pompa radiator mesti turun mesin. Lntaran ada satu baut bak kopling yang tertutup sasis. Makanya onkos kerja jadi mahal. Prt berikut jasa oleh mekanik berbadan tegap ini dipatok RP.300 ribu.
  6. Tensioner Malfungsi. Sebagai komponen pendorong lidah tensioner agar keteng tetap tegang,tensioner begitu penting. Kalau tak mendorong optimal, keteng bisa kendur sehingga lompat. Timing kem pun tak sesuai, klep bisa tabrakan dengan piston. Nah di Migelli 250 Gen-2 tensioner-nya ternyata lemah. “As dan stopper-nya mudah rompal, sehingga bisa balik arah,” lanjut Komeng yang ngebengkel sejak tahun 1986. Mengatasinya, Komeng menganibal as dan stopper pakai milik Suzuki Shogun 110. “Ambil as dan stopperI-nya saja, lalu pindahkan ke tensioner Megelli,” lanjutnya. Milik Shogun orisinal berkisar Rp.175 ribu, kalau seken Rp.75 ribu. Ongkos bongkar-pasang sekitar Rp.50 ribu.
  7. Spi Gir Starter Rompal Bagi pemilik Magelli Gen-2 yang sudah dioprek harap hati-hati, lantaran spi gir starter mudah rompal. Terutama yang sudah naik lompresi. “Distarter cuma muter, tapi mesin enggak hidup,” ungkap Richi Thedy, pemilik Megelli 250 RE yang mengalami hal tersebut. Terjadi lantaran untuk menggerakkan piston menuju TMA jadi lebih berat, “Sementara spi hanya setengah dari lebar gir, makanya rompal,” analisa Komeng. Oh iya, posisi gir bersebelahan dengan gigi primer. Mengatasinya, spi dibikin lebih panjamg. Tentu saja coakan spi di kruk as mesti diperpanjang. Sebagai gntinya, spi magnet Kawasaki Ninja 150R pun diandalkan. lantaran mesin mesti belah total, ongkos part berikut jasa mencapai Rp.500 ribu.

Satu hal yang tak perlu diragukan adalah tanggungjawab dari MMI atau Minerva Indonesia bahwa setiap kerusakan yang merupakan kesalahan pabrikan langsung diganti, ini sudah dibuktikan oleh beberapa brader yang mengalaminya. Sebetulnya karena rondonya memang murah meriah, ini adalah sebuah kabar baik bagi para HOMOSEK KAPAK MERAH alias Hobi motor seken kantong cepak demen yang murah. Ya berburu rondo motor ini misalkan dihargai 20 juta saj waaaa, betul-betul menggiurkan. Namun memang  James Bons jarang sekali menjumpai ada iklan HOMOSEK Megelli di Pos Kota paling-paling klau ada bisa dihitung dengan jari perharinya.

Monggo selain ini ditambah sebagai bahan diskusi kali ini, bila Megellinya tak bermasalah ya alhamdulillah.

86 comments

  1. frame+body nya okelah,
    engine?nanti dulu lah,mending dicangkok pake engine vixion,NMP,satria FU,ato megapro lama sekalian(engine yg kusebut kan gak pake ngowös+radiator jebol)
    kalo kata benny mah jangkrik,

  2. masalah pasti ada pencerahannya, maju terus megelli.

    gelar lapak, jual vixi oktober 2010 plat B, km belum sampe 2000. jarang di pake, kondisi motor gress, oli diganti sesuai prosedur.

    trims buat juragan warung

  3. hm…berdasarkan solusi yg ada, dihitung-hitung abis 1 jutaan (itu pun klo kena smua masalah di atas) oke klo di kasi jarak 3 jutaan, beli rondo ny 20jutaan + 3 jutaan = 23 jutaan motor beres…asli menggiurkan
    *sayang ny di kota ane hampir gk ad yg jual rondo megelli 250, pdhl yg make banyak…kyk ny mereka pd puas make + sperti ny bnyak bengkel di kota ane yg bs betulin tu motor (otomatis pd gak mau jual wong klo ad masalah bawa ke bengkel biasa sbentar jg beres)…hmmm

  4. ada solusi lain :

    untuk mesin mungkin bisa diganti dengan mesin CBR supaya lebih nendang dan kita tahu kan mesin CBR terkenal bandel selain itu mudah perawatannya dan sparepart yang terjamin …

    adapun untuk body sayah setuju dengan masbon yaitu bisa diakali dengan mengendorkan baut dan kalau perlu ditambah pelapis karet sehingga mereduksi getaran yang meminimalisir resiko rentan retak. tapi biar gak ribet ya bodynya juga bisa diganti dengan body CBR …

  5. dulu pernah tertarik ma minerva… tapi yang 150cc…

    kalo masalah tanggung jawab MMI sich ane percaya… punya tetangga ane punya minerva 150 yg kluaran pertama, trus ada masalah di kelistrikannya… di cek lebih jauh ga’ taunya ada CDI kena… klaim… beberapa waktu kemudian langsung dach di ganti!!!

  6. Masalah melli 250RE/RV trouble,itu khn gr2 pemakaian megellers yg rada urakan. Semisal digeber abis ala bang rossi,abislah si melli. Rotom ini mah cocok buat show tampilan ala big bike aja. Kalo suka speed/perfoma mesin yg bandel,mending pake ninin 250 aja,ato RR. Kebetulan gue maen di dirt bike. Byk rotom yg “berjantung” sejenis ama melli,nasibnya GLpro (gas lgsg protol).bbrp testimonial megelli 250RE bilang gk ada masalah ama rotomnya,selama pemakaian normal. Ya anggap dan perlakukan aja si melli kyk rotom bebek. Dijamin awet. Tapi gue salut ama MMI,yg byk melakukan perubahan segnifikan pada gen 2 ini. Kalo gen 1…mmg rotom sarap. Ntar tunggu fischer650 gen.2 keluar,jika rizki dr yg Kuasa mengijinkan,akan gue boyong ke garage gue. Salam persahabatan buat para bikers.

  7. Jadi pengen pinang si melli RE,pgn tau takdir gue bejodo pa kagak. Kl gk bejodo alias byk trouble,siap2 gue numpang lapak bro-bro skalian.

    1. betul mas bro, untuk motor non jepun seperti Pulsar 220 atau Megelli 250 ini mending rondonya aja, harganyasetelah 2 tahun hanya separuhnya, hayoo apa nggak niler tuh

  8. Kalo gitu mending ambil rondo ya bro. Wah,jadi pengen cobain rondonya si melli. Kalo bole tahu,smp brp rondo RE/RV? Btw..tulisan anda bermanfaat buat kita2. Thanks bro.

  9. ane pmakai megelli RE, tarikan kenceng bgt, body aduhai, mesin standard aja ane bisa 140an..bagi ane worthed bgt nich mongtor..

  10. Skr rondonya masih kisaran 20an. Tapi klo banyak yg puas, jarang yg jual plus banyak yg nyari. Yah otomatis harga rondonya naik. Ane make Melly Gen2 (dulunya pernah gen1 jg), dan maaf saja untuk gen2 ini ane merasa sangat puas saat ini, bolak balik kantor Kuningan-Cibitung no problemo. Caranya mudah cintai motor yg sudah dibeli apa adanya, perlakukan sebagai sahabat, rawat baik2 kalau perlu extra, siapkan sparepart cadangan yg kira2 susah untuk dicari sehingga dikemudian hari ga repot, n jangan di geber abis2an setiap hari. Kalo mau geber abis2an sebaiknya upgrade dulu n cek kelistrikkan. Perbaiki jalur2 kabel (skr banyak bengkel yg bisa kok) ada yg sudah ada yg nawar Melly 35jt tapi maaf saja ga mau dijual seperti gen1 ane.
    Ga percaya? Silahkan liat FB ane, sengaja ane tulis pakai nama asli biar para pemakai Megelli tidak ragu dan takut make Melly. Ingat Bro safety first bawa motor bukan nyari Hi-Speed, sayang nyawa n ingat keluarga. Klo mau Hi-Speed Sentul aje. Oh ya Top Speed belum pernah nyampe, tp gigi 5 ane 132kpj.

  11. Skr rondonya masih kisaran 20an. Tapi klo banyak yg puas, jarang yg jual plus banyak yg nyari. Yah otomatis harga rondonya naik. Ane make Melly Gen2 (dulunya pernah gen1 jg), dan maaf saja untuk gen2 ini ane merasa sangat puas saat ini, bolak balik kantor Kuningan-Cibitung no problemo. Caranya mudah cintai motor yg sudah dibeli apa adanya, perlakukan sebagai sahabat, rawat baik2 kalau perlu extra, siapkan sparepart cadangan yg kira2 susah untuk dicari sehingga dikemudian hari ga repot, n jangan di geber abis2an setiap hari. Kalo mau geber abis2an sebaiknya upgrade dulu n cek kelistrikkan. Perbaiki jalur2 kabel (skr banyak bengkel yg bisa kok) ada yg sudah ada yg nawar Melly 35jt tapi maaf saja ga mau dijual seperti gen1 ane.
    Ga percaya? Silahkan liat FB ane, sengaja ane tulis pakai nama asli biar para pemakai Megelli tidak ragu dan takut make Melly. Ingat Bro safety first bawa motor bukan nyari Hi-Speed, sayang nyawa n ingat keluarga. Klo mau Hi-Speed Sentul aje. Oh ya Top Speed belum pernah nyampe, tp gigi 5 ane 132kpj. Keep Brotherhood

  12. Oh ya 1 lagi, sil water pump ane pernah bocor. Tinggal dtg ke bengkel temen ane DCMS di Lenteng Agung, beres dengan Rp.35rb perincian 15rb Seal, 20rb ongkos kerja, jangan lupa siapin radiator coolant, klo ga ada tambah 20rb buat beli coolant

  13. Rondo gen2 kayanya lbh dari 20 jt, buka harga segitu kayanya cuma jual cepet aja, saya pun pemakai gen2 juga
    Problem yg pernah saya alami cuma seal radiator bocor, diganti sekali dan ga kumat2 lg, soal topp speed, saya baru mencapai 151 di trek lurus sentul gigi6
    Yg oprekan bisa jauh dr itu sepertinya.
    Minusnya kalo biasa bawa motor nyaman,ini motor bikin pegel, tp seiring waktu lama2 terbiasa juga nanti.msin suaranya berisik untuk gen2, dh bawaan lahir. Untuk akselerasi 11 12 ama CBR250, bedanya CBR suara adem, megelli dah berisik knalpotnya(bawaan lahir).konsumsi bbm yg lbh boros dikelasnya, jauh irit CBR250 konsumsinya . Slbihnya sayangi aja motor anda,maka motor ga akan menyusahkan anda🙂

  14. Megelli ane gen 2 kl seandainya mau di beli 30jt pun ane gk kan kasih, krn pake Megelli gen 2 sensasinya sgt beda dgn yg laen, kl nggk pcaya buktiin aja, meskipun bukan moge tp ada auranya yg tersirat dan bisa dirasakan slama mngendarainya, kl masalahnya sich ane pnh kena seal waterpump bocor udah diganti sp skr jg aman2 aja, slebihnya nggak ada masalah, torsi sm top speed dpt smua utk ukuran 250cc single cylinder

  15. ane mau beli melly 250 RV atau ninin 150 RR itu kira2 kekurangannya apa aja ya ?
    ane bimbang mau beli yang mana.
    tolong share info buat pencerahan.
    Thanks. Salam brotherhood.

  16. jadi bingung mau beli gan . bajet pas buat megali. dapet sih buat cbr 150 cuman ane kagak demen. abis ane uda cita ama tu si megalli . tapi ko banyak masalahya gitu ya .

  17. sayang di pulau dewata bali kurang laku,,
    banyak yang jual secondnya cuman 10 juta
    sekarang pun masih bisa ditemui
    di
    www berniaga.com
    cari sepeda motor
    kawasan bali.

    seadainya mesinya vixion
    dan pasaranya secondnya tinggi seperti vixion
    sayang itu cuman mimpi,.
    harga jual minerva jatuh bangets..
    tolong minerva tolong buat pasaran second untuk migelli,
    supaya migelli saya juga tak ikut jatuh harganya..sedih banget rasanya.
    banyak yang mandang motor saya kayak sepeda motor murahan,..

  18. pala lagi cenat cenut ni bos. soalnya akir bulan mau beli kuda besi .tapi yang jadi masalahya saya lagi demam ama tu megalli rv sedang istri kagak mau . malah maunya ama nin 250 padahal kalo gagak salah selisih harga lumayan banyak yabos?

  19. bingung mau beli vixion atau megelli yawh?
    kalau vixion mesinya bagus injection gampang perawatannya
    kalo megelli body nya bagus.
    pasaran migelli rv karang berapaan yawh secondnya mohon pencerahannya?

  20. kecewa saya beli migelli second type r .15 jta bang
    sil pompa airnya bocor.
    mesinnya cepat panes, cet fairing jga cepat pudar,,.
    saya mw tanya motor saya nie buatan asli jerman/bennche yawh?
    apa migelli type re tu jg asli buatan jerman?

    1. Megelli adalah mongtor cina yang menggunakan tenologi Jerman, disinyalir motor yang bakalan lahir yakni si Benelli juga demikian, mongtor cina yang menggunakan desain itali. untuk masalah oli bocor dan mesin cepat panas, monggo konsultasikan langsung ke dealer resmi Minerva, karena sekarang sudah tersedia part minerva yang kualitasnya untuk racing dengan kualitas bagus dan durabilitas bagus, itu kata pak Yasin teknisi senior minerva di sentul beberapa waktu lalu. Di warung ini saya lupa judulnya juga pernah saya u7las beberapa kelemahan Megelli 250 beserta sedikit solusi. Semoga membantu.

    2. Perasaan aneh yah yang komen, maaf yah Bro cuman type R mana ada seal waterpump? wong dia ga pake radiator? cat fairing cepat pudar? punya ente bekas di cat lagi kali… terus mesin cepat panas, ente lagi pake celana pendek kali jadi terasa panas…

  21. bang saya punya migelli type re tahun 2010 bulan desember akhir,lampu nya koq cepat burem yawh,? gimana cara ngatasi,,agar lampunya terlihat jernih kembali??

    1. ada spesialis pencuci ata mengkilapkan kembali batok lampu mobil dan motor, bawa ke tukang yang sdatu ini insalaah kinclong kembali, biasanya tukang ni berada di tempat part seken mobil/motor

  22. saya dulunya sebagai pengguna migelli 250 r,dan saya beli tahun 2009 harga barunya wktu itu 29 juta ,karena motor ini selalu bermasalah bolak balik bengkel dan tidak nyaman dikendarai dan alasan salesnya yg kurang baik..membuat isi kantong saya selalu menipis buat ke bengkel,akhirnya saya jual tahun 2011 desember lalu dengan harga 13 jt,, kecewa banget sih sama produknya. saya sarankan lebih baik lebih baik carilah produk-produk yg kualitasnya terjamin,dan harga purna jual kembali baik..terimakasih

  23. Banyak keluhan, menurut saya wajar, Megelli Value For Money nya dapet untuk 30 jutaan ( tipe tertinggi ) , banding kan aja di amerika harganya U$ 3399,- ,

  24. Saya pengguna Minerva VX beli tahun 2010. tapi motor saya baru di beli orang 3 minggu lalu dengan harga Rp.15jt.selama setahun lebih gak pernah rusak tu vx, pernah masuk bengkel tp itu ganti velg vixi,ganti knalpot nobik,pasang angel eyes,lampu touring.tp untuk masalah mesin gak pernah ada!itu juga tergantung perawatan bro,biar motor harga selangit tp bikin tu motor sperti budak,gak bakalan awet dy.saya rawat motor saya dengan baik makanya tetap awet dan harga jual tinggi.padahl tu motor saya beli seken tahun 2010 dari ketua Minerva Riders Community Sulut yang ganti motor megelli 250 se.skrang saya mau ambil megelli 250 re.ada teman2 yg mengalami kendala dengan mesin tp itu karena mereka perlakukan motor mereka kaya budak untuk memenuhi ego mereka.smua motor ada kekurangannya bro, motor saya tahun 2008 vixi jatuh aja uda gak hidup2 tinggal bawa ke dealer.ada temen yang mogok total djalan tinggal di bawa pake pick up,temen punya ninja belum lama uda ganti plat kompling yang harga hampir 1 juta,rantainya aja 1 juta lebih,fyring aja 9 juta lebih.jd tergantung kita smua,saya pilih minerva karena minerva memikirkan penampilan,tp harga tidak tinggi karena produk baru mash ada kekurangan, tp kl dirawat baik2 pasti kalian akan bangga tunggangi minerva aplgi megelli!cek aja motor ane difacebook saya,ni ane pake nama asli.

  25. gua calon pengguna Megelli 250RV ,ya walau baru bulan july 2012 ,tapi persiapan dah ada ,kaya angel’s eye ,R9 knalpot ,battlax ban ,sama semua persiapan custom body n mesin…
    intinya Megelli 250RV itu good ,sma ninin250 aja cuma beda ya 1-2meter lah kalo drag or main jalur jauh …
    kalo ga beli aja Megelli 250 SP made in Japan double cylinder harga impor haha…
    info dari MMI nih kmaren baru nanya2….

  26. ane mau tanya…
    sell shock depan megelli 250 ukuran brpa ia..
    sama dengan motor apa ia sell shock nya…..

    mohon bantuan nya…
    rmksih

  27. mo nanya donk all,, motor minerva saya R150 VX,, aneh…tiba2 mati total ga bs di on dr kunci apalagi di stater…pdhl malamnya msh sehat bs dibawa jln,, solusinya apa nih,,takutnya siy ada problem kabel coknya ato apa gt? (ada kemungkinan jg di’resein org) harap masukannya all..

    1. motor ane juga gitu gan. walau udah di sela sampai kaki merah.
      motor ini butuh perasaan. hehehe😛
      itu biasa karena problem : (yang ane alami)
      1. spull
      2. pengapian cdi nya
      3. busi
      coba di cek gan🙂

  28. untuk tipe minerva 150 lebih baik ganti jeroannya dengan honda yang sesuai seperti mega, tiger, bahkan bisa cbr, yang umum biasa menggunakan honda GL. menjamin kesehatan mesin.
    untuk kelistrikannya itu permasalahan yang ada di minerva tapi namanya akal manusia itu bisa segalanya.
    coba saja gan susun ulang walau butuh waktu dan lumayan butuh biaya .🙂

  29. NINJA – CBR 250 EMG OK tapi bodynya kurang keren, megelli ??? body macam ducati , modif dikit aja ganti spion, velg , ban depan ganti, ban belakang ke depanin, ban belakang ganti bridgestone ukuran superbike, lampu neon cutting sticker di sippitin kayak ducati , jok n knalpot ganti alla ducati 1098 s , madepp orang aja nyangka motor ane ducati,malahan cewek2 bilang ane kayak rossi .. iri kan lo?? kalo cbr n ninja apaan ?? gede body blum sporty mesti banyak modif hahahahha cape deh bajet lagi keluar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s