Komparasi Spacy vs Mio, Diatas Kertas Seharusnya Menang Spacy, Butuh Pembuktian!


Brader sekalian, jika kita tengok 2 mingtor ini memang secara sekilas mirip sekali, untung saja namanya sekutik Honda ini bukan Dio, kalau sampai bener namanya Dio, tentu bakal heboh dunia persilatan. Karena kemiripan tersebut, nampaknya menjadi ketertarikan tersendiri untuk melakukan komparasi. Komparasi inibru seatas pada data diatas kertas, belum pembuktian di lapangan.

Power dan Mesin

Mesin Spacy adalah bertipe  SOHC, 4-langkah sistem pendinginan  kipas, diameter x langkah 50 x 50 mm, kapasitas     108 cc dengan perbandingan kompresi     9,2 : 1, daya maksimum  8,54 PS @ 8.000 rpm torsi maksimum     8 Nm @ 6.000 rpm.

Sementara Mio bertipe mesin 4 langkah, SOHC 2-Klep pendingin udara, diameter langkah :   50.0 x 57.9 mm, volume silinder: 113.7 cc, perbandingan kompresi : 8.8 : 1 power max :     6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm torsi max : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm.

Terlihat Spacy meski bervolume mesin lebih kecil tetapi dengan kompressi lebih besar maka menghasilkan daya yang lebih besar pula.

Harga
spoke wheel Rp 11,750 juta, cast wheel Rp 12,550 juta  sedangkan Yamaha Mio dibanderol mulai Rp 11,750 juta. Sebuah persaingan yang begitu kentara.

Konsumsi BBM

Klaim Honda, 1 liter bensin dibutuhkan Spacy untuk menjelajah hingga 41 km. Dengan kondisi tangki penuh, maka Spacy mengantarkan Anda hingga 205 km. Sementara itu berdasarkan data hasil pengetesan Mplus diketahui hasil pengetesan.

Honda Vario 1 liter : 39,4 km
Kymco Free LX 1 liter : 42 km
Suzuki Spin 125 1 liter : 32,5 km
Yamaha Mio 1 liter : 28,6 km

Namun ada yang bilang bahwa untuk Mio jarak tempuh yang didapat 44,4 km untuk pemakaian 1 liter bensin

Fitur
Spacy merupakan sepeda motor pertama dari AHM, yang mengaplikasikan teknologi auto headlight on (AHO) sesuai regulasi pemerintah.Seperti halnya skutik high-end, Spacy dilengkapi dengan peranti auto secure key shutter — berfungsi sebagai pengaman untuk mengurangi resiko pencurian. Terdapat pula sidestand otomatis — jika sidestand turun maka mesin secara otomatis mati. Spacy dibekali tuas pengunci rem (brake lock). Keunggulan utama Spacy adalah pada volume bagasi dan tangki bahan bakar. Bagasinya  mampu diisi hingga 18 liter, bahkan diklaim mampu mengusung sebuah helm full-face. Selain itu volume tangki bahan bakar besar yakni hingga 5 liter — lebih besar dibanding BeAT (3,5 liter) dan Vario (3,6 liter).

Sementara fitur Mio diantaranya adalah speedometer dengan tampilan yang simpel dan sporty memudahkan Bikes untuk membacanya. Lampu Senja berbentuk seperti huruf “U” yang menyatu, menambah kesan elegan pada skuter matic ini. Dua box multifungsi yang berada di dek depan akan menjadi tempat penyimpanan yang mudah dijangkau Bikes. Footstep bagi boncenger kali ini tampil dengan bentuk baru dari bahan besi berwarna perak. Knalpot Knalpot anti panas dengan pelindung dari besi, Mio memiliki ukuran 3,7 liter.

Spesifikasi Honda Spacy 2011


Panjang x Lebar x Tinggi 1.841 x 660 x 1.094 mm
Jarak Sumbu Roda 1.256 mm
Jarak Terendah ke Tanah 128 mm
Berat Kosong 97 kg
Tipe Rangka Tulang Punggung
Tipe Suspensi Depan Teleskopik
Tipe Suspensi Belakang Lengan Ayun dengan Shockbreaker Tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14 M/C 40P
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14 M/C 46P
Rem Depan Cakram
Rem Balakang Tromol
Kapasitas Tangki BBM 5,0 Liter
Tipe Mesin SOHC, 4-langkah
Sistem Pendinginan Pendinginan Dengan Kipas
Diameter x langkah 50 x 50 mm
Kapasitas 108 cc
Perbandingan Kompresi 9,2 : 1
Daya Maksimum 8,54 PS @ 8.000 rpm
Torsi maksimum 8 Nm @ 6.000 rpm
Kapasitas Oli Mesin 0,7 liter
Kopling Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
Transmisi Otomatis, V-Matic
Starter Pedal dan Elektrik
Aki 12 V – 3 A.h (tipe MF)
Busi ND U24EPR9, NGK CPR8EA-9
Sistem Pengapian DC – CDI, Digital
Karburator VK22 x 1
Lampu Depan 12V 32 W x 1
Lampu Senja 12V 3,4 W x 2

 Spek Mio


Machine

Tipe Mesin : 4 Langkah, SOHC 2-Klep Pendingin Udara
Diameter Langkah : 50.0 x 57.9 mm
Volume Silinder : 113.7 cc
Susunan Silinder :
Perbandingan Kompresi : 8.8 : 1
Power Max : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
Torsi Max : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm
Sistem Pelumasan : Wet Sump
Oli Mesin : 0.9 Liter
Radiator :
Karburator : NCV24x1 (Keihin)
Putaran Langsam :
Saringan udara :
Transmisi : V-Belt Otomatis
Kopling : Kering, Sentrifugal Otomatis
Caster / Trail : 26.5 derajat/ 100 mm
Rasio Gigi : 2.399 – 0.829
Sistem Starter : Kick & Electric

Chasis

Tipe Rangka : Steel Tube
Suspensi Depan : Teleskopik
Suspensi Belakang : Teleskopik
Rem Depan : Hydraulic Single Disc
Rem Belakang : Drum
Ban Depan : 70/90-14MC 34P
Ban Belakang : 80/90-14MC 34P

Dimension

Panjang x Lebar x Tinggi : 1,820 x 675 x 1,050 mm
Tinggi Tempat Duduk : 745 mm
Jarak Antar Roda : 1,240 mm
Jarak Ke Tanah : 130 mm
Kapasitas Tangki : 3,7 Liter
Berat Isi :
Berat Kosong : 87 Kg

Spek komparasi di atas sungguh baru diatas kertas dan secara teoritis, untuk mengetahuo sepak terjang Spacy tentulah setelah mongtor ini banyak dipakai dan diapresiasi oleh publik sehingga komparasi lebih terasa lengkap. Monggo ditilik!

72 comments

  1. Gimana pun so pasti selalu donk…
    Produk yang dikeluarin Honda….
    Pasti bermutu dan tak lupa dengan keunggulan yang lebih dari produk kompetitor toh….
    Bravo to Honda….
    One HEART 4EVER…..

  2. sepertinya mio masih menang untuk beberapa waktu ke depan.. soalnya mio bukan sekedar skutik yang dibeli untuk stop n go.. tp juga dibeli alay buat diajak balapan… part racing mio bertebaran diamana2 mau blok bore-up sampe head DOHC… mungkin nantinya spacy juga bakal bgitu…

  3. mio sbg firstmover memang cukup sulit dikalahkan
    tapi kalau secara keroyokan yah sebenarnya skutik-nya pa Dio udah kalah …

    mungkin buat pa Dio cs aga sulit untuk mengadakan diversifikasi karena takutnya jeruk makan jeruk …

    tapi kalau hal ini dibiarkan ya lama-kelamaan jeruknya malah dimakan udien … so yamaha dalam keadaan dilematis … untuk mercon sudah gak dilematis

    ya seperti warkop … maju kena mundur kena …

    * ikut berkomporasi …

      1. terimakasih masbon
        padahal saya bukan komengtator analitif
        tapi saya komengtator gendengatif
        sama seperti si tukang gambar … xixixi

  4. mio : “….power max : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm torsi max : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm”

    Power kok satuan’e Km… (kamar mandi ??)

    wekekekek:mrgreen:

  5. Soal desain, jauh Mio kemana-mana, Gun!
    Disinyalir AHM pengen “bunuh” mindset konsumen yang mencitrakan MATIC itu ya MIO! Makanya AHM ngotot 1 mesin dipakein 5 baju !

  6. Tenang aja. Mio masih aman kok. Soalnya ada satu kelebihan Mio yang ngga dimiliki Spacy, yaitu :
    Mio ngga pake fitur AHO (ini serius loh pak bons)

      1. Idiiiihh….pak bons bikin ikke jadi tersipu malu. Nakal nakal nakal iiiiihhhh……. (cubit2 pak bons)

  7. lha beat di claim 73kpl nyatane ya paling 40an kpl… iki claim 41kpl ojo2 mung 11 kpl… wakakak…:mrgreen:
    *mblayu… wedhi disawat sarung… bonsai bar ngising soale… t*i-ne sok nyangkut ng sarung…

  8. Wah ne gratisan aq seneng karo-karo ne jek, ape ngelekno yamaha yo aq gak iso gawe sepeda dewe, ape ngapikno honda yoo mene ono sing apikan mene. wes.wes….binun gan. podo2 untunge ae lah…
    WANI PIRO……??????????????????????????

  9. power mio unggul
    torsi spacy unggul

    jd kesimpulannya
    tarikan awal spacy yg menang krna torsi nya besar..
    tp Top speed mio menang karena power/daya lebih besar..

    salahnya spacy cuma satu.. agak protes kalo buat nikung ekstrim..alias gk stabil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s