Menebak Harga Ninja 250 Bila Dijual Berfitur Injeksi


Brader sekalian menengok penjualan Ninja 250 bulan ini bahwa penjualannya disalip oleh CBR 250 dimana kini posisinya sebagai raja kelas seperempat liter sudah digerogoti bahkan sebentar lagi boleh jadi akan digulingkan oleh CBR 250 yang merengkuh penjualan sekitar 51,50% untuk kelas 250cc. Ninja 250 R yang semula merajai kelas 250cc, harus puas menempati posisi kedua yakni dengan pangsa pasar sekitar 44,22%. Pada Maret 2011, Ninja 250 R terjual sekitar 1.000-an unit. Untuk itu nampaknya perlu dilakukan penyegaran oleh Kawasaki Indonesia dalam hal ini KMI agar produknya tetap mendapatkan tempatnomer satudi hati konsumen. Meski menang power dan 2 silinder namun masih kalah soal fitur injeksi dengan si CBR 250.

Nah jikalau kita berandai-andai KMI mendatangkan Ninja 250 versi injeksi maka salah satu contoh negara yang bisa untuk dijadikan rujukan perbandingan adalah Malaysia, karena di sana dijual 2 versi baik karburator maupun injeksi. Kawasaki Ninja 250R karburator dijual dengan harga sekitar 19.889 ringgit, sekitar Rp 57.271.570. Sementara versi injeksi diluncurkan di Malaysia dengan harga RM 20.900 atau kalo dirupiahkan berarti RP 60.182.800 sekitar RM 1.011 atau Rp. 3.170.400 lebih mahal dari veri karburator, dengan krus Malaysian Ringgit MYR 1 = 2.879,56 aihihi ternyata di Malaysia motor lebih mahal dibanding Indonesia.

Nah apabila merujuk ke Malaysia dengan selisih antara karburator dan injeksi sekitar Rp. 3 juta, lalu di Indonesia Ninja 250 46,5 dengan perbandingan bahwa harganya antara Injeksi dan ABS terpaut 5% dengan penghitungan :

57.271.570 /60.182.800 sebanding dengan 95/100 maka Ninja di Indonesia  46500000 x 100/95= 48.970.000 atau sekitar Rp 48,9 juta

Nah bagaimanakah jika betul Ninja 250 dijual seharga Rp. 48,9 juta dengan fitur injeksi tanpa ABS namun lebih powerfull daripada Honda CBR 250?

Tenaga Ninja 250 karburator:

a) Maximum power 23.4 kW {31.8 PS} @ 11,000 rpm
b) Maximum torque 22.0 N·m {2.24 kgf·m} @ 9,500 rpm

Tenaga Ninja 250 injeksi:

a) Maximum power 24 kW {33 PS} / 11,000 rpm
b) Maximum torque 22 N·m {2.24 kgf·m} / 8,200 rpm

Bagi konsumen ini merupakan pilihan yang sangat variatif mengingat semua data sudah jelas, dalam artian bila mau torsi milih CBR mau speed milih Ninja, 3s nampaknya unggul CBR, lalu faktor lainnya memang masih membutuhkn pengkajian lebih dalam.

46,5  jt. Dapat Single cylinder ABS injection lower power (CBR 250)

48,9 jt. Dapat double cyclinders injection non ABS hinger power (Ninja 250)

monggo pilih mana, di share!

31 comments

  1. bisa jadi segitu kenaikan nya, tpi klo trnyata KMI berani bermanuver ekstrem tebakan ane jadi ny gini…
    1. tambah fitur injeksi harga tetap
    2. yg masih pake karbu harga turun
    sedangkan fitur lain kyk speedo, bagi ane tetep konvensional gak masalah coz seneng aja lihat dasboard speedo yg melebar gitu dengan buletan buletan dari kiri ampe kanan nya…

    1. IMHO kayanya gak akan lama deh Bli pijibek buat ngegali potensi injeksi akan muncul, coz dah pada trial error di projek vixi, buat designer proyek ini,minimal pengalaman schedule projek pengerjaan pijibekini dah ada, kerangka program tinggal modif sesuai input/output ecu kendaraan, yang jelas, dari pengalaman, bangun program dari awal ama ‘cuma’ modif program itu jauh lebih lama nyusun program yang bener2 dari awal.

      soal harga Om Bons, di luar perhitungan saya berpendapt harus sama dengan cbr, bukan soal konversi dari luar, tapi ini masalah kompetisi harga dengan rival

      test DUCATI GP12 Jerez: Ada knalpot tambahan

      http://umarabuihsan.wordpress.com/2011/04/09/test-ducati-gp12-ada-knalpot-tambahan-rossi-motor-ini-lebih-gampang-diajak-maen-sliding/

  2. atau coba bikin ninja 1 cylinder, injeksi pake abs,
    harga sama dengan CBR ABS ….. atau lebih murah …..😀

  3. sedikit nitip lapak ya tentang itungan pricing cbr150r oleh AHM yang menurut -BackStagE- berpotensi di angka 28juta rupiah atau bahkan di bawah 28juta rupiah: http://vanz21fashion.wordpress.com/2011/03/20/itungan-bego-pricing-cbr150r-berpeluang-di-bawah-rp-28jt/

    plus juga ini sedikit re-positioning untuk tiger dan scorpio z ala -BackStagE- apabila cbr150r dan yzf-r15 bermain di angka 28juta rupiah atau kurang:
    http://vanz21fashion.wordpress.com/2011/04/09/segment-antara-200cc-dan-250cc-bisa-ga-relevan-kalo-ga-dirombak/

    dan

    http://vanz21fashion.wordpress.com/2011/02/11/atpm-upgrade-tiger-scorpio-price-positioning-versi-backstage/

  4. yo di dol 2 varian sisan to yo… tapi regane seng karbu dimudunke 1 juta, seng injeksi munggahke 2 juta seko rego saiki.. tambah panas kelas mongtor pertamaxxxx….. wkwkwkwk…

  5. kayak kasus cs1 vs fu, akankah ninja 250 vs cbr 250 ini kasusx sama. Masukin ke injeksi dan ecu lbh advanced dll,naik kelas dan harga kyk fu (analisis ngaco.com)

  6. Cukup buat gw New CBR 150R sesuai dikantong dan sporty walau Power kalah ama ninin tapi sdh puas dengan cibiku, Hidup Kawasaki, Hidup Honda, Hidup Suzuki dach ngeluarin the real motor sport di Indonesia, biar makin rame dengan motor Sport. Keep Safety Drive Bro… Ingat kebut2an di sirkuit aja ya all jangan sampai kita bikers dikecam kalo Motor kita mesin pembunuh di jalan umum. Peace…

  7. cbr abs ama ninja injeksi yah mending2n ninja,, yang karbu disaingin yang cbr non abs, tmbh harga dkit,, 100% ninja kuasai motor 250 di indo ,.awkkwkw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s