Kenapa CBR 250 Duluan Daripada 150?


Brader sekalian fenomena spekulasi belakangan ini memang menyita perhatian banyak kalangan, pemicunya adalah ketetapan pemerintah melarang mobil lansiran 2005 dan sesudahnya menggunakan premium. Efek domino pasti terjadi, salah satu yang paling menonjol diberitakan mass media adalah perpindahan driver menjai biker, bagaimana tidak, sebuah mobil harus berbahan bakar pertamak, sementara pertamak makin menanjak naik bahkan membumbung tinggi harganya. Sementara kota besar makin macet dan tambah tak karuan.

Banyak eksekutif muda melirik roda 2 untuk sebagai kendaraan harian dengan perhitungan lebih evektif biaya dan waktu namun tetap gaya.

Dalam kondisi ini tentu roda 2 hihg end menjadi pilihan macem Ninja 250, CBR, PCX, Piagio, dll. Di dalam kondisi inilah nampaknya AHM mengambil kesempatan dengan mengeluarkan CBR 250 untuk antisipasi para mobiler yang hijrah menjadi biker ini. Nah kenapa kok justru CBR 250 duluan yang dilansir, bukannya malah 150? Setidaknya 2 alasan yang paling masuk akal bagi AHM, pertama: tentunya CBR 250 lebih powerfull dan gagah serta bergengsi daripada yang 150 bagi para eksekutif muda ini. Kedua: kompresi cbr 150 yang 11 : 1 mengharuskan minum pertamak atau bahkan pertamak plus, sementara yang 250 kompressinya sekitar 10 : 1, cukup pertamak saja atau bahkan jika terpaksa bisa minum premium, andai harga melonjak.

22 comments

    1. CR > Compression ratio tidak dipengaruhi oleh berapa camshaft yang di aplikasi mas bro…. sesama DOHC ataupun berbeda > Sohc pun compressi bisa dibuat lebih tinggi …… yang menentukan tinggi rendah nya kompressi = volume ruang bakar yang dimampatkan oleh piston menuju dome chamber / combustion chamber…..
      jadi penentuan kompressi = menjadi hak sang designer dan tentunya telah dihitung matang2 sesuai karakter dan design nya CMIIW :😆

      sedikit cerita tentang CR: (hubungan antara kompressi dengan baha bakar) :
      http://azizyhoree.wordpress.com/2010/07/14/3/

      dan sedikit cerita tentang kopdar di rumah mbah bonsai:
      http://azizyhoree.wordpress.com/2010/12/29/kopdar-markas-bonsai-2-telaga-sarangan-gn-lawu/#comment-3869

    2. @Triyanto
      hahah nampaknya perlu pelatihan mental kita om, termasuk pejabatnya
      @kompressinya besaran yang kecil namun urusan tenaga pasti besaran yang gede, kan ccnya beda
      @biker 46
      mungkin lagi traffiknya rame om

  1. IMHO…

    NU Meggy kan baru Bons. Belum ada 1 tahun di
    150cc, masak digelontorin yang sama 150cc???
    Biar Nu Meggy nggak rusak pasarnya (walau jls
    beda karakter)

    Nurutq, sudah tepat kok 250cc yg turun duluan
    skalian AHM “mendalami” yg 150 turun built-up
    or perlu CKD…
    🙂

  2. kalau 150cc duluan keluar…yg 250 nanti takut nggak laku…
    body mirip…
    mending tunggu yg 150cc …150cc serasa 250cc …
    daripda naik 250cc dikira 150cc…

  3. Mungkin strateginya keluarin dulu yang 250, muncul komunitas baru 250, terasa mahal baru keluar yang relatif rendah harganya….
    iya apa iya yach?

  4. @Mbah wir
    segmennya beda to om
    @xxxl
    wakakak ngompor
    @Sastro
    bang aziz bannya masih baru belum bocor
    @yahon
    seep, sesuai dengan pikiran fby
    @rafflessia
    mungkin juga om
    @lingga
    tapi bukan pengusaha ug to

  5. lapor mbah. . .

    kemarin hari minggu aku ngantar belanja istriku ke pasar. pas mau pulang keluar dari parkiran eee. . . ada cbr 250 r yang tritone . . . mau aku foto keburu masuk parkiran dalam dan yang lebih membuatku penasaran yang numpak itu preman pasar yang suka minta uang parkir . . .

    apa lewat IU ya mbah. . .?
    tkp : pasar rawa kalong tambun jam 10:15

    keep brotherhood,

    salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s